Manfaat Susu Kambing Etawa

Susu merupakan minuman alami yang dihasilkan dari hewan dan mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan kita. Salah satu susu yang dihasilkan adalah susu kambing. Mungkin di antara kita masih asing mendengar istilah susu kambing karena kebanyakan susu yang dikonsumsi di masyarakat kita adalah susu sapi. Selain itu, masih sedikit masyarakat kita yang beternak kambing untuk diambil susunya, mereka lebih banyak memanfaatkan kambing untuk diambil dagingnya.

Susu kambing ini di hasilkan bukan dari jenis kambing biasa melainkan dari kambing jenis etawa. Ettawa merupakan bangsa kambing terpopuler yang berasal dari India. Ettawa dipelihara sebagai ternak penghasil susu di India dan Asia. Hasil persilangan Ettawa dengan kambing lokal di kenal dengan Peranakan Ettawa.

Manfaat susu kambing ini banyak sekali, kandungan gizinya pun lebih banyak. Kandungan gizi yang paling dominan adalah sodium (Na), Fluorin(F), Kalsium(C), dan Fosfor(P), di samping itu masih ada juga nutrisi-nutrisi lain sebagaimana yang terkandung dalam susu. Kandungan kalsium (Ca) yang tinggi bermanfaat untuk membantu penyembuhan rematik dan mencegah osteoporosis (kerapuhan tulang).

Susu kambing juga memiliki tekstur lemak yang lembut dan halus, ukuran butiran lemaknya lebih kecil dari susu sapi, asam lemaknya berantai pendek dan sedang, laktasenya juga ringan sehingga susu kambing lebih mudah dicerna dan tidak menimbulkan alergi ataupun diare.

Secara umum manfaat susu kambing etawa adalah membantu penyembuhan penyakit asma, TBC, flek paru-paru, asam urat, rheumatik, kolesterol, diabetes, hepatitis, mengatasi ganguan asam lambung, maag, alergi, darah tinggi dan darah rendah, mencegah kanker, osteoporosis, kekebalan terhadap HIV. Susu kambing juga cocok dikonsumsi kaum ibu yang sedang hamil atau menyusui, untuk memelihara kesehatan kulit luar dalam, menambah vitalitas, meningkatkan stamina, mengatasi gangguan metabolisme, membantu pertumbuhan balita, menambah kecerdasan anak, dan masih banyak lagi khasiat susu kambing yang lainnya.

Susu kambing ini banyak dikonsumsi di negara-negara maju sebagai pengganti susu sapi. Dilaporkan bahwa bayi yang mengalami alergi pada saluran pencernaan berangsur-angsur sembuh setelah diberi susu kambing. Susu kambing juga dapat mengoptimalkan pertumbuhan pada anak, menambah vitalitas dan daya tahan tubuh, menetralkan asam lambung, bahkan bisa mengatasi impotensi.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Mack diketahui bahwa kelompok anak yang di beri susu kambing memiliki bobot badan, kepadatan tulang, mineralisasi kerangka, vitamin A plasma darah, riboflavin, kalsium tiamin, niacin dan konsentrasi hemoglobin yang lebih tinggi dibanding kelompok anak yang di beri susu sapi.

Penelitian juga dilakukan oleh Departemen Fisiologi Universitas Granada yang menyimpulkan bahwa susu kambing mempunyai manfaat yang lebih banyak bagi kesehatan dibandingkan susu sapi. Kelebihan susu kambing adalah : membantu mencegah hilangnya mineral pada tulang atau pelunakan pada tulang (demineralisasi) dan membantu mencegah anemia (kekurangan zat besi).

Sedangkan penelitian yang dilakukan oleh USDA (US Departement of Agriculture) menyebutkan bahwa susu kambing dapat digunakan untuk menyembuhkan dan mencegah berbagai macam penyakit.

Journal of American Medicine juga menyebutkan bahwa susu kambing merupakan makanan paling lengkap yang diketahui. Susu kambing mengandung vitamin, elektrolit, mineral, unsur kimiawi, enzim, protein, dan asam lemak yang bermanfaat bagi tubuh kita. Bahkan, tubuh kita dapat mencerna susu kambing lebih cepat (20 menit) dibanding mencerna susu sapi yang membutuhkan waktu 2-3 jam.

Susu kambing juga dapat dijadikan sebagai makanan ideal untuk menyapih anak, karena susu kambing adalah susu yang paling mirip dengan susu ibu dari segi nutrisi, komposisi, dan sifat kimia alami.

Memang susu kambing di negara kita tidak setenar susu sapi. Padahal susu kambing juga mempunyai rasa yang tidak kalah enak dengan susu sapi. Apalagi sekarang susu kambing sudah diolah menjadi bentuk instan bubuk, sehingga tidak perlu mengolahnya sendiri. Bahkan ada juga yang diolah menjadi tablet hisap dengan berbagai rasa, sehingga anak-anak yang tidak suka minum susu bisa mengkonsumsinya dalam bentuk tablet sebagimana anak-anak mengkonsumsi permen.

Sumber: http://lamalifherbal.com/manfaat-susu-kambing-etawa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s