Sirkulasi Lancar, Ibadah Jadi Tenang

Limpahan nikmat Allah setiap saat kita rasakan, sadar atau tidak sadar. Ironisnya, setiap saat kita lupa bahkan sengaja melupakannya. Mari kita perhatikan diri kita, nikmat tangan, kaki,mata, telinga dan semuanya telah kita nikmati sejak lahir. Demikian pula seluruh organ dalam yang tak pernah berhenti, berjalan sesuai fungsinya. Semua adalah sistem yang bekerja dengan sinergis, walaupun tanpa kita sadari. Semua telah kita nikmati. Semua gratis. Semoga Allah Subhanahu wa ta’ala membantu kita untuk mensyukuri semuanya. Di antara nikmat yang besar itu adalah darah.

Darah berperan amat penting bagi kehidupan, fungsi utamanya adalah mengantarkan oksigen ( O2 ) dan nutrisi yang di perlukan oleh sel – sel seluruh tubuh. Darah juga mengangkut zat-zat buangan sisa metabolisme Selain itu, darah juga mengandung berbagai penyusun sistem kekebalan tubuh agar terhindar dari berbagai penyakit.

Sirkulasi darah yang baik dihasilkan oleh kerja sama antara jantung, darah dan komponen-komponennya, serta pembuluh darah. Apabila terjadi gangguan salah satu komponen tersebut, maka sirkulasi darah akan terganggu.

Gangguan ini bisa berasal dari gaya hidup tidak sehat seperti merokok, kurang berolah raga, mengonsumsi makanan berlemak, kurang istirahat, dan polusi.

Gaya hidup seperti itu sangat berpengaruh pada timbulnya timbunan plak dan lemak pada dinding pembuluh darah. Akibatnya terjadi penyempitan pembuluh darah sehingga aliran darah tidak lancar yang menyebabkan suplai darah tidak mencukupi kebutuhan, dan lebih lanjut dapat menjadi ancaman serius bagi kesehatan manusia, seperti hipertensi, serangan jantung, stroke, hingga ancaman kerusakan fungsi ginjal ( gagal ginjal ).

Kiat Menjaga Kelancaran Sirkulasi Darah
1. Terapkan pola makanan sehat
Kebiasaan menyantap makanan berlemak dan makanan tak berserat, menyebabkan plak yang bersumber dari makanan tersebut menumpuk dalam pembuluh darah sehingga menyebabkan peredaran darah tidak lancar. Oleh karena itu, hindari makanan berlemak tinggi. Tingkatkan asupan makanan berserat, sayuran dan buah-buahan.

2. Berolahraga rutin
Berolahraga selama 30 menit secara rutin setiap hari, minimal 3 sampai 4 kali dalam seminggu. Bertahap, tingkatkan frekuensi. Yang ringan, misalnya berjalan kaki 10 ribu langkah, sudah cukup untuk menjaga sirkulasi darah dan kesehatan jantung.

3. Hindari rokok dan polusi
Rokok mengandung begitu banyak bahan kimia berbahaya. Sel darah merah berfungsi untuk mengangkut oksigen ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah. Pada perokok, molekul oksigen terganggu oleh komponen dari asap rokok, sehingga menghambat transportasi ( sirkulasi ) oksigen yang penting bagi kehidupan sel.

4. Kelola stres
Stres erat kaitannya dengan penyakit kardiovaskular ( sistem peredaran darah ), gangguan tidur, serta sakit sistem otot. Penderita stres banyak mengalami ketidakteraturan denyut jantung sehingga sirkulasi darah terganggu.

5. Jaga berat badan ideal
Orang yang kegemukan beresiko tinggi mengalami gangguan sirkulasi darah. Banyak penyakit telah dihubungkan dengan kegemukan, seperti diabetes, penyakit jantung, tekanan darah tinggi dan strok serta beberapa jenis penyakit kanker.

6. Mandi pagi dengan air dingin
Mandi pagi dengan air dingin mampu melancarkan sirkulasi darah. Tubuh juga akan lebih sehat dan bugar. Cobalah mandi pagi sebelum menjalankan sholat subuh.

7. Istirahat yang cukup
Istirahat yang ideal bagi orang dewasa adalah 8 jam perharinya. Jangan lebih dari itu karena jika terlalu banyak tidur akan menyebabkan timbulnya penyakit.
8. Konsumsi Suplemen yang bisa melancarkan sirkulasi darah.

Suplemen juga dapat membantu kelancaran sirkulasi darah. Yang tergolong aman adalah suplemen herbal halal, karena mengandung bahan-bahan alami. Tapi suplemen tersebut harus sudah teruji secara klinis dan diteliti oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Wallahu’alam bishowab..

Sumber: http://id.shvoong.com/medicine-and-health/2178876-sirkulasi-lancar-ibadah-jadi-tenang/#ixzz21VbcwSlq

dan Majalah Tashfiyah Edisi 5

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s